Genjot Target Pembangunan Sulbar, Agus: Ekspor jadi Salah Satu Jawaban

  • Whatsapp
Genjot Target Pembangunan Sulbar, Agus: Ekspor jadi Salah Satu Jawaban
Kepala Karantina Pertanian Mamuju, drh. Agus Karyono menyerahkan cinderamata kepada Direktur Harian Sulbar Express, Muh Sholihin, Rabu 5 Januari 2022. (Foto: DOK)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Provinsi Sulawesi Barat memiliki banyak potensi lokal yang bisa menjadi pemantik dalam mengejar target pembangunan daerah. Hanya saja sebagian besar potensi tersebut belum dikelola maksimal.

Itu karena selama ini pengelolaan potensi lokal daerah belum disentuh sektor pengolahan. Sebagian besar hanya pada aktivitas panen kemudian jual dalam bahan mentah.

“Kuncinya ada dalam aktivitas ekspor. Jika semua potensi kita diolah dulu dalam bentuk barang jadi atau setengah jadi, setelah itu diekspor, yakin saja pembangunan Sulbar akan melejit,” kata Kepala Karantina Pertanian Mamuju, drh. Agus Karyono saat bertandang di kantor Harian Sulbar Express, Rabu 5 Januari 2022.

Menurut Agus, semua pihak harus sama-sama memiliki komitmen mendorong aktivitas ekspor di provinsi ke-33 ini. Jika tidak, upaya mengejar target pembangunan akan sulit tercapai.

“Kami sendiri terus mendorong aktivitas ekspor di Sulbar. Dalam setiap pertemuan, baik dengan Gubernur Sulbar, Forkopimda dan instansi vertikal, selalu kami dorong agar ini benar-benar bisa jalan,” imbuhnya.

Agus merincikan pihaknya sudah mengantongi data terkait potensi ekspor baru di Sulawesi Barat. Tinggal potensi tersebut dimaksimalkan.

“Kalau kelapa sawit dan turunan aktivitas ekspornya sudah jalan. Tapi masih banyak potensi lain yang bisa kita dorong, ada jagung misalnya, atau hasil pertanian dan perkebuan lain yang belum disentuh, termasuk juga potensi ekspor sarang burung walet, kita punya potensi besar,” urai Agus.

Di tempat yang sama, Direktur Harian Sulbar Express, Muh Solihin mengaku siap bergandeng tangan dengan Karantina Pertanian Mamuju utamanya untuk menggenjot target ekspor. Upaya ini agar roda pembangunan di Sulbar bisa semakin baik.

“Kami siap menjalin kemitraan dengan Karantina Pertanian Mamuju. Apalagi tagline kami sejalan dengan program yang dijalankan oleh Karantina Pertanian Mamuju, yakni mendorong pertumbuhan ekonomi, pasti kami dukung,” tandas Sholihin.

Untuk diketahui, dalam agenda kunjungan kerja kemarin, drh. Agus Karyono didampingi Junarli Sali sebagai Analis Perkarantinaan Tumbuhan dan Andi Ahmad Fausan sebagai Humas Karantina Pertanian Mamuju. Agenda kunjugan ini disambut oleh Direktur Harian Sulbar Express Muh Sholihin dan Manager Keuangan Sulbar Express Rismayanti, hadir pula Direktur Utama Sulbar TV, Naskah M Nabhan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *