Kakanwil KemenkumHAM Sulbar Kukuhkan 76 ASN, Anwar: Jadilah Role Model yang Baik

  • Whatsapp
Kakanwil KemenkumHAM Sulbar Kukuhkan 76 ASN, Anwar: Jadilah Role Model yang Baik
Kepala Kanwil KemenkumHAM Sulbar, M Anwar saat mengukuhkan puluhan ASN lingkup KemenkumHAM Sulbar, Selasa 11 Januari 2022. (foto: ist)

SEBANYAK 50 persen warga binaan di Provinsi Sulbar merupakan pelaku kejahatan yang berkaitan dengan Narkoba.

Hal tersebut menjadi salah satu topik dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulbar, M Anwar saat mengambil sumpah Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup KemenkumHAM Sulbar.

Selasa kemarin, 76 CASN lingkungan Kanwil KemenkumHAM Sulbar resmi menyandang status sebagai ASN. Mereka pun dituntut bekerja profesional dan bertanggung jawab.

Melalui keterangan resminya, Kakanwil KemenkumHAM Sulbar menerangkan bahwa pengambilan sumpah dan pelantikan ASN merupakan bagian dari pembinaan dalam mewujudkan aparatur pemerintahan bersih, jujur dan berwibawa.

“Serta sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat,” imbuh M Anwar, Selasa 11 Januari 2022.

Kakanwil menekankan kepada mereka yang telah menjalani pelantikan agar dapat bertugas dengan mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab serta terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri.

“Dengan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guna mendukung tugas dan fungsi dari satuan dan unit kerja masing-masing, dan yang lebih penting di atas segalanya adalah; takut dengan Tuhan,” tegas M. Anwar.

Pengambilan sumpah/janji PNS ini berlangsung di Aula Pengayoman Kanwil KemenkumHAM Sulbar. Sesuai informasi, dari 77 CASN, satu orang berhalangan hadir.

Di tempat sama, Kakanwil KemenkumHAM Sulbar menegaskan bahwa para penjaga warga binaan adalah ujung tombak keamanan dan ketertiban dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas) maupun tumah tahanan (Rutan) yang ada di provinsi ini.

“Sebanyak 50 persen penghuni Lapas dan Rutan di Sulbar adalah kejahatan yang berkaitan dengan narkoba,” beber M Anwar.

Karenanya, ia mewanti-wanti jajarannya agar jangan sekali-sekali mencoba bersentuhan dengan Narkoba, apapun bentuknya. “Bekerjalah selalu dengan SOP (standar operasional prosedur), dan selalu loyal pada pimpinan,” tegas dia.

Menurutnya, saat ini sangat dibutuhkan kesungguhan menjadi abdi negara yang baik, pelayan publik yang prima dan pemersatu bangsa.

“Jadilah role model yang baik, ukir prestasi. Jadilah kebanggaan orang tua, bangsa dan negara, bekerjalah sebaik-baiknya. Jangan cepat puas dalam bekerja, dan terus memperbaiki diri untuk menjadi profesional,” tandas Anwar.

Pelantikan turut dihadiri Kepala Divisi (Kadiv) Administrasi Mutia Farida, Kadiv Keiimigrasian Whisnu Daru Fajar, dan Kadiv Pelayanan Hukum Alex Palti, serta para pejabat administrator Kanwil Kemenkumham Sulbar.

Usai pelantikan Kadiv Administrasi, Mutia Farida memberikan penguatan terkait tugas dan fungsi ASN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sulbar.

ASN yang baru dilantik agar segera beradaptasi dengan lingkungan kerjanya, menggali pengalaman dari semua senior dan mentor di satuan kerja dan tetap menjaga integritas serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, termasuk kepada Warga Binaan Pemasyarakatan.

Selain menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) sesuai dengan rencana kinerja 2022 dengan berkonsultasi pada atasan, ASN baru diingatkan agar meningkatkan wawasan dan kompetensi.

“Agar cepat dapat beradaptasi dengan lingkungan dan regulasi yang ada terkait dengan tugas dan fungsi dalam jabatannya masing-masing,” terangnya.

Ia pun berharap kepada mereka yang resmi menyandang status ASN, tetap loyal pada pimpinan, disiplin dan solid bersama-sama membangun citra Kanwil KemenkumHAM Sulbar. (chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *