Mengejar Target Vaksinasi, Polres Polman Terjunkan 21 Tim Vaksinator

  • Whatsapp
Mengejar Target Vaksinasi, Polres Polman Terjunkan 21 Tim Vaksinator
Sejumlah personel Polres Polman saat melakukan vaksinasi door to door di Desa Buku Kecamatan Mapilli, Rabu kemarin. (IST)

POLMAN, SULBAR EXPRESS – Sejumlah kabupaten di Sulbar masih berpacu mengejar target vaksinasi Covid. Salah satunya Polman. Beragam metode pun dijalankan.

Memasuki awal tahun 2022, Kepolisian Resort (Polres) Polman kembali mengencangkan upaya pemenuhan herd immunity atau kekebalan kelompok di Polewali Mandar melalui vaksinasi jemput bola.

Tercatat 12 tim Vaksinator melakukan kegiatan door to door ke rumah-rumah warga, mulai Rabu 5 Januari 2022. Mereka bergerak mengunjungi warga yang belum sempat mendapatkan vaksin covid.

Kemarin, tim Polres Polman tersebut menyasar sejumlah desa, diantaranya Desa Sepa Batu Kecamatan Tinambung, Desa Rappang Kecamatan Tapango, Desa Buku Kecamatan Mapilli dan Desa Induk Makkombong Kecamatan Matakali.

Kapores Polman, AKBP Agung Budi Leksono berharap vaksinasi door to door oleh tim gerai vaksin presisi Polres Polman turut mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin.
“Program vaksinasi mobile secara door to door rutin dilaksanakan, agar vaksinasi ini dapat menyeluruh didapatkan masyarakat,” jelas Kapolres dalam keterangan resminya, kemarin.

Menurut AKBP Agung, rutinitas pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, umumnya membuat warga di pedalaman tak dapat meluangkan waktu untuk melakukan vaksinasi dengan mendatangi fasilitas kesehatan, seperti Puskesmas ataupun Pustu.

Sehingga kata Kapolres, masih banyak yang belum mendapatkan vaksin.

Karena itu, kepolisian pun memaksimalkan sumber daya yang dimiliki untuk hadir langsung ke tengah-tengah masyarakat melakukan vaksinasi.

“Sebagian warga belum sempat datang ke gerai vaksin karena kesibukan kerja dan lainnya. Untuk itu Kami turun langsung datangi warga, ke rumah-rumah hingga ke kebun-kebun,” tegas AKBP Agung.

Adapun target Vaksinasi Covid untuk Kabupaten Polman mencapai 370.054 jiwa. Sampai kemarin, Dinas Kesehatan Polman mencatat capaian vaksinasi Polman bagi seluruh kelompok, sebesar 60,3 persen.

Olehnya, Pemkab Polman bersama elemen terkait mesti meningkatkan upaya pemenuhan vaksinasi hingga 70 persen guna mewujudkan Herd Immunity di daerah ini.

Bersama menggenjot vaksinasi juga menjadi catatan khusus Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar (AIM) bagi puluhan kepala desa yang baru saja resmi menjabat pascapelantikan Selasa kemarin.

Bupati meyakini para Kades yang sebagian besar masih muda, akan mampu menambah akselerasi cakupan vaksinasi di Polman. “Ajak warganya yang belum untuk segera divaksin agar capaian vaksinasi bisa segera dicapai,” tegas AIM.

Bupati juga menekankan pentingnya membangun sinergitas dan berkolaborasi dengan para pihak terkait dalam mendukung kelancaran program nasional penanganan pandemi tersebut.
Ia meminta agar Kades menjaga koordinasi yang baik dengan Babinsa dan Babinkantibmas yang selama ini diketahui rutin mengawal program vaksinasi di wilayah masing-masing.

VAKSINASI MENDUKUNG
PEMULIHAN EKONOMI

Vaksinasi Covid-19 merupakan langkah efektif dalam menekan dan mengakhiri pandemi, sehingga pemerintah bisa fokus dalam pemulihan ekonomi.

Karenanya, percepatan pemenuhan target vaksinasi di Sulbar akan sangat mendukung upaya pemulihan ekonomi dan pengembangan daerah.

Demikian salah satu penyampaian Ketua Dewan Perwakiln Daerah (DPD) RI, LaNyalla M Mattalitti saat berada di Mamuju, Selasa lalu.

“Sulbar memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah untuk melakukan pemulihan ekonomi, yang membutuhkan pergerakan manusia dalam jumlah banyak untuk pengelolaannya,” jelas dia.

Ia juga tetap berharap agar jajaran pemerintah dan masyarakat Sulbar untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selain itu harus waspada dengan munculnya varian baru covid.

“Jika penularan virus tidak terkendali hal itu akan berpengaruh kembali pada upaya pemulihan ekonomi, sehingga tetap diperlukan kewaspadaan semua pihak, terhadap adanya varian baru,” katanya.

Sampai awal tahun ini, catatan sementara vaksinasi di Sulbar terlapor 64,71 persen untuk dosis pertama dan 37,62 persen untuk dosis kedua. Target vaksinasi provinsi ke-33 ini, mencapai 1.089.240 orang. (ali-int/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *