Perkuat Kerukunan, Kokohkan Persatuan

  • Whatsapp
Perkuat Kerukunan, Kokohkan Persatuan
Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar menyematkan tanda penghargaan kepada ASN Kemenag dalam upacara di halaman Kantor Wilayah Kemenag Sulbar, Senin 3 Januari 2022. (FOTO: IDRUS IPENK)

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Kementerian Agama kini menghadapi beragam tantangan zaman. Harus terus berkembang menjalankan peran penting dan strategis di tengah umat dan bangsa.

Hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, Kemenag dituntut bisa tetap eksis dan meningkatkan layanan bagi seluruh elemen masyarakat.

Demikian penyampaian Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar saat membacakan sambutan seragam Menteri Agama dalam upacara hari amal bakti Kemenag di Mamuju, Senin 3 Januari.

Gubernur melanjutkan, sejauh ini Indeks Kerukunan Umat Beragama mengalami peningkatan dari 67,46 pada 2020, menjadi 72,39 di tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA juga menanjak dari angka 77,28 menjadi 78,90.

Selain itu, Kemenag telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Sehingga gubernur berharap, jajaran Kemenag bersama masyarakat Sulbar dapat senantiasa menjaga keberagaman dan toleransi antar umat agama. Utamanya di beberapa wilayah Sulbar yang didiami beragam suku dan agama.

“Kita harus tetap bersatu dan tetap menjaga kerukunan di tanah Malaqbi ini,” tegas Ali Baal yang menjadi inspektur upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-76 di Sulbar.

Peringatan tersebut pertama kalinya kembali digelar setelah sempat vakum akibat pandemi covid-19.

Kepala Kanwil Kemenag Sulbar, Muflih B Fattah mengatakan, Hari Amal Bakti menjadi tahun toleransi antara umat beragama.

Sehingga, sejak dari dini sudah dipersiapkan salah satu program penguatan moderasi beragama. “Serta revitalisasi Kantor KUA untuk mengukur indeks keagamaan di Sulbar,” imbuhnya.

Dalam momen kemarin, Kanwil Kemenag Sulbar juga memberikan sejumlah penghargaan kepada ASN yang telah mengabdi pada Kemenag. Diantaranya; Satya Lencana Karya Satya.

“Sebanyak 63 ASN yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya diantaranya untuk masa pengabdian 30 tahun sebanyak 1 orang, untuk masa pengabdian 20 tahun sebanyak 3 orang dan untuk masa pengabdian 10 tahun sebanyak 59 orang, termasuk 12 penghargaan lainnya kepada siswa dan ASN yang berprestasi,” tandansya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *